MDGs Courses “Dream Project yang Jadi Nyata”

Maret 8, 2008 at 2:29 pm Tinggalkan komentar

 Oleh: M. Iman Usman (President KAKI)

Yeah! Akhirnya KAKI launch it’s first project. Yeah… namanya “MDGs Courses”. Itu kayak sebuah training tentang Millenium Development Goals buat anak-anak SMA 1. Training from us to us. Yeah.. jadi fasilitatornya itu ya remaja juga.. anak-anak KAKI. Tercatat ada 8 fasilitator (saya, Ayu, Risha, Hendra, Vina, Vika, Wiwik, Icha). Kita share apa yang kita punya ke teman-teman yang lain, meskipun pada dasarnya nggak ada satupun dari kita yang pernah ikutan training MDGs. Makanya, kita juga nggak muluk-muluk. Kita cuma fokus ke 3 points dari 8 points MDGs. Yaitu MDG2 (Achieve Universal Primary Education) , MDG 6 (Combat HIV/AIDS, Malaria, and Other Diseases), dan MDG 7 (Ensure Environmental Sustainability).

Alhamdulillah, project ini diikuti oleh 30 youths. Dan mereka membentuk 6 teams. Minggu 1 (2 Maret 08), mereka mengikuti sesi MDGs yang diisi oleh para fasilitator secara bergantian (Fasilitator juga fokus ke salah satu point MDG), trus… mereka dikasih panduan untuk beraksi. Prepare a project gtuw deh.. dan mereka musti nyiapin sebuah majalah dinding (mading) yang bertemakan MDG di kelas mereka. Hasilnya bakal dinilai Sabtu (8 Maret 08), dan pada hari Minggu mereka bakal presentasi project mereka,, serta mereka bakal milih 5 duta MDGs.

Kenapa harus mading? Kita pengen isu MDGs nggak cuma mereka yang ikut aja yang tahu, tapi melalui mading di kelas.. setidaknya teman-teman di kelasnya bisa ikut baca, dan akhirnya lumayan paham soal MDGs. kalo 6 kelas yang ikut dikali 40 siswa,, dampaknya bisa ke 240 siswa. Belum lagi guru, dan orang-orang yang suka mengunjungi kelas tersebut. Kenapa harus bikin project? Kita pengen remaja juga bisa ikut berpartisipasi dalam upaya mendukung MDGs. Kita pengen remaja juga bisa bikin community service. Dan pemenang dari project bakal dapat modal Rp 500.000,- buat jalanin projectnya. Kita lihat.. apa yang bisa remaja perbuat?

bersambung…. (tunggu cerita 9 Maret 08)

Entry filed under: Project. Tags: .

KTSP Menguntungkan atau Menyengsarakan? KAKI “Juara Lomba Debat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: