Anak ? Tidak se simple itu!

Mei 28, 2008 at 1:39 pm Tinggalkan komentar

Anak, sebuah kata yang hanya terdiri dari 4 huruf. Semua orang pasti familiar dengan kata itu. Saya rasa tidak ada lagi orang yang menanyakan apa itu anak, karena saya yakin orang yang menanyakannya akan dianggap “bodoh”. Apakah kata “anak” memang sesederhana itu?

Kata anak memang sederhana jika konteks yang dibicarakan hanya kata. Tetapi memaknai kata yang sederhana itu justru amat sulit. Permasalahan memaknai, bukan hanya mengenai “Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan” saja. Tetapi, lebih dari itu, ada banyak aspek yang harus juga kita pahami ketika kita bicara tentang anak.

Ketika seorang Ibu menyebut anak, apakah Ibu tersebut sudah mengasuh anaknya dengan penuh kasih sayang? Ketika seorang perawat di Posyandu menyebut anak, apakah perawat tersebut sudah memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi anak? Ya itu hanya segelintir dari yang seharusnya dipikirkan oleh orang-orang di bumi ini ketika menyebut kata “anak”.

Anak adalah bagian dari kehidupan ini. Anak adalah Bapak dan Ibu di masa depan. Siapapun yang berbicara mengenai masa depan, harus berbicara tentang anak. Anak merupakan penentu kelanjutan sebuah bangsa. Tak heran, ketika kita berbicara mengenai pembangunan, kepentingan anak tak dapat dipisahkan.

Tetapi entah kenapa anak seolah masih berada di kasta terendah dalam kasta manusia Indonesia. Hal itu dapat terindikasi dari belum terjaminnya hak-hak anak tanpa diskriminasi, belum adanya upaya maksimal  dalam menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan anak, serta masih banyak orang dewasa yang tidak menghargai pendapat anak. Kira kira kenapa?

Entry filed under: Tak Berkategori. Tags: .

Miris Tukang Kritik juga punya Style!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: