Belajar Dari Palembang “Kota Metropolitan yang Makin Berbenah”

Juni 23, 2008 at 3:32 pm 1 komentar

Alhamdulillah.. Saya sudah kembali dari Palembang dengan selamat tadi pagi, jam 10 WIB. 3 Hari di Palembang cukup menyenangkan. Apalagi kali ini saya bisa berlibur sembari belajar, yang dikemas dalam kegiatan “Jelajah Budaya Palembang 2008 ; Songket Sebagai Warisan Budaya Luhur Bangsa”. Menyenangkan, bertemu dengan puluhan anak lainnya yang berasal dari Palembang, Bengkulu, dan tentunya Padang. Menyenangkan berbagi ilmu, dan pastinya menyerap ilmu.

Saya memang baru pertama kali datang ke sana, dan mungkin hanya dalam waktu yang singkat. Tapi 3 hari cukup membuat saya jadi “kangen” dengan kota Mpek Mpek ini. Berkunjung ke perkampungan songket, Jembatan Ampera dan kawasa sekitar yang fenomenal, Benteng, kawasan street cafe di depan Hote Swarna Dwipha, Jakabaring, dan pastinya berkeliling kota. Apalagi, jika dilakukan di malam hari. Jembatan Ampera bak London Bridge. Yah.. Palembang memang sudah maju, berkembang menjadi kota metropolitan yang berbudaya, berwawasan, dan bersih. Tak heran, dan memang pantas rasanya jika Palembang mendapat peringkat 1 Adipura Kategori: Kota Metropolitan.

Mungkin memang belum sempurna. Tapi ada banyak hal yang sepatutnya dipelajari oleh daerah-daerah lain terutama Padang. Padang sebetulnya memiliki sejuta aset yang dapat dikembangkan. Beridiri di atas wilayah yang dianugerahi panorama alam yang begitu indah, memiliki pantai, belum lagi masih banyak daerah-daerah yang belum terjamah yang masih berpeluang untuk dikembangkan. Pemerintah Kota Padang, dan segenap warganya butuh berbenah. Bukan hanya dari segi fisik, tapi Kota Padang juga butuh membenahi warganya untuk lebih “open mind” dan tidak terlalu konservatif. Memang adat perlu dijaga, tapi “strict” dengan adat sendiri juga kurang baik.

Apagunanya strict, tetapi kaum muda nya sendiri tidak paham dengan adat. Apa gunanya berlagak menjadi kota berbudaya, tetapi tidak paham dengan budaya sendiiri. Belajar dari daerah lain lebih baik dibandingkan merasa bangga, tanpa mengevaluasi diri, dan tak kunjung berbenah. Jika Padang hanya ingin diam di tempat, selalu begini, dan selalu begini. Tetaplah seperti ini, statis. Tapi jika ingin berubah, lakukanlah INOVASI CERDAS!

Entry filed under: Coretan. Tags: .

REGISTER !!! Rapat “STAND UP CAMPAIGN 08”

1 Komentar Add your own

  • 1. hcg diet drops  |  Juni 27, 2013 pukul 3:54 pm

    I was very happy to find this website. I wanted to thank
    you for ones time for this fantastic read!! I definitely loved every little bit of it and i also have you
    book marked to see new information on your website.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: