KAKI’s APPRENTICE

Oktober 7, 2008 at 12:58 pm Tinggalkan komentar


download disini

Selama 19 hari, anda akan menjalani “KAKI’s APPRENTICE”.

KAKI’s APPRENTICE merupakan sebuah capacity building yang dipersiapkan khusus kepada calon-calon pengurus inti KAKI yang baru. Posisi yang akan diperebutkan meliputi:

Ketua Umum , Ketua 1, Sekretaris Umum, Sekretaris 1, Bendahara Umum, Bendahara 1,

Ketua Divisi KomInfo, Ketua Divisi Seni dan Sastra, Ketua Divisi Global Issue, Ketua Divisi Tabulasi Data

Peserta akan melakukan beberapa tasks (tugas) untuk mencapai kelayakan sebagai pengurus KAKI. Topik yang akan dibahas adalah mengenai HAK ANAK, Millenium Development Goals (MDG), Social Issue.

Untuk mencapai tiga topic bahasan tersebut, peserta akan melalui beberapa tahapan:

1. Analisis Masalah

2. Mempelajari Lingkungan

3. Project Development

4. Capacity Building

Tugas berupa:

1. Peserta akan mempelajari apa masalah yang paling krusial yang sedang dialami oleh remaja saat ini. Peserta dapat memilih topic permasalah social dalam konteks pendidikan, social, budaya, ekonomi, kemasyarakatan, ataupun lingkungan hidup, dan kaitkan permasalahan tersebut dengan salah satu dari point hak anak. Selanjutnya, peserta diharapkan membuat sebuah pledge/ rekomendasi pandangannya terhadap permasalahan tersebut. Rekomendasi bersifat general yang diajukan untuk masyarakat umum. Rekomendasi disertai dengan dukungan dari remaja lainnya. (Dukungan dapat diwujudkan dalam bentuk pengumpulan tanda tangan, rekaman suara, video, dll). Tugas dikerjakan berkelompok

2. Peserta kelas 2 ataupun yang sudah pernah mengikuti MDGs Courses akan menjadi trainer/ fasilitator dalam MDGs Courses SMAN 1 Padang yang akan diadakan di SMAN 1 Padang pada 18 Oktober 2008. Sedangkan peserta kelas 1, akan bertindak sebagai ketua kelompok pada kelompok yang berpartisipasi dalam MDGs Courses.

3. Pada tanggal 18 Oktober, seluruh peserta juga akan mengikuti games interaktif yang menguji kapasitas Leadership, Team Work, dan Kreatifitas (minimal akan ada 3 games)

4. Peserta yang dinyatakan layak maju ke tahap 2 (seleksi beradasarkan passing grade / kelayakan), diumumkan pada 19 Oktober, akan maju pada sesi “Project Development”. Project Development merupakan sebuah tahap di mana peserta selama maksimal selama 5 hari (sampai tanggal 24 Oktober 2008) akan membuat sebuah rancangan kerja selama 1 tahun (pada area kerja yang diinginkan, misalnya: ketua), dan mengusulkan sebuah project/ kegiatan yang belum pernah diaplikasikan oleh KAKI (boleh mengusulkan yang sudah ada, tapi harus ada inovasi atau pengembangan di dalamnya). Usulan tersebut berupa summary singkat mengenai kegiatan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diminta (pertanyaan menyusul). Project diharapkan dapat memenuhi konsep SMART.

SMART artinya Sustainable (berkelanjutan / punya long impact), Measurable (standar kesuksesannya dapat diukur), Realistic (Realistis, artinya dapat diaplikasikan oleh kaum muda), dan Tentative (waktunya dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada, dan bersifat flexible)

Tahapan KAKI’s apprentice meliputi:

1. Briefing : 7-8 Oktober 2008 (Online dan Offline)

2. Informasi Detail mengenai Tugas 1 melalui web blog KAKI (www.anakkritis.wordpress.com) : 8 Oktober

3. Batas Pengumpulan Tugas 1 : 15 Oktober 2008, jam 22.00 WIB melalui email KAKI ( anakkritis@yahoo.com , dengan subject : TUGAS 1 KAKI’s apprentice , disertai nama, dan nomor contact)

4. Informasi Detail mengenai Tugas 2 melalui web blog KAKI (www.anakkritis.wordpress.com) : 10 Oktober

5. Batas pengumpulan rancangan Tugas 2 : 15 Oktober 2008

6. Aplikasi tugas 2 (MDGs Courses) : 18 Oktober 2008

7. Aplikasi tugas 3 (Games) : 18 Oktober 2008

8. Informasi Detail mengenai Tugas 4 (Project Development) : 19 Oktober (Online di web blog KAKI dan Offline)

9. Batas pengumpulan tugas 4: 24 Oktober 2008 , jam 22.00 melalui email KAKI ( anakkritis@yahoo.com , dengan subject : TUGAS 4 KAKI’s apprentice , disertai nama, dan nomor contact)

10. 26 Oktober (Tentatif): Pelantikan kepengurusan baru.

ASPEK YANG AKAN DINILAI:

1. Loyalitas : 20%

2. Leadership dan Inovasi: 30%

3. Team Work : 20%

4. Life Skills, meliputi: 30%

Kreatifitas, Kecekatan, Komunikasi, dll.

Yang menilai? KAMI PARA PENGURUS KAKI, dan ANDA SENDIRI.

KAKI’s APPRENTICE bukan membuat anda susah, ataupun menambah pekerjaan anda. Tapi lebih dari itu, anda akan belajar sesuatu yang baru. Sesuatu yang akan membuat anda lebih baik di masa depan.

More info, questions: IMAN – 081363389365 – ini_iman@yahoo.com (email), imanusman@yahoo.com (Yahoo Messanger). ONLINE SETIAP HARI. HP AKTIF 24 JAM. No Missed Call.

Kalo pertanyaan panjang, dan membutuhkan penjelasan panjang, lebih baik TELPON, atau KIRIM EMAIL. HEHEHE.

Entry filed under: 1. Tags: .

Training of Trainer Tugas 1 – KAKI’s APPRENTICE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: