Stand Up With The Children

Oktober 23, 2008 at 12:51 pm 1 komentar

Temukan Lebih Banyak Foto di sini
Komunitas Anak Kritis Indonesia (KAKI) pada tanggal 17 dan 18 Oktober lalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan SUTA (Stand Up and Take Action Campaign). Stand Up Campaign atau Kampanye BANGKIT adalah prakarsa yang dilakukan dengan mengumpulkan masyarakat luas untuk bersama – sama berdiri menyatakan komitmen dan dukungan konkret bagi penanggulangan kemiskinan.

Kampanye BANGKIT DAN BERAKSI dilakukan untuk mengingatkan pemerintah akan janji pemerintah untuk sungguh-sungguh mengerahkan semua upaya dan sumberdaya guna menanggulangi kemiskinan, melalui perbuatan konkret masyarakat secara luas. Janji tersebut dinyatakan oleh 189 Kepala Negara dan Pemerintahan termasuk Indonesia pada tahun 2000 melalui Deklarasi Milenium pada Pertemuan Tingkat Tinggi di markas besar PBB New York. Janji pemimpin tersebut juga merupakan komitmen yang diikrarkan bagi rakyatnya masing-masing, yang tertuang dalam Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals, (MDGs). Hingga kini, baik negara maju maupun negara berkembang masih perlu didorong untuk memenuhi komitmen tersebut.

KAKI sebagai salah satu komunitas anak yang peduli terhadap permasalahan-permasalah global mengangkat Stand Up Campaign di 2 tempat pada tahun ini. Yaitu di SMA N 1 Padang dan SMA N 1 Pariaman. Kegiatan yang berlangsung di 2 tempat ini hampir sama formatnya. Kegiatan meliputi pengumpulan testimonial dari anak-anak tentang kemiskinan dan harapannya kepada pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Selain itu juga ada kegiatan drawing action, di mana siswa-siswa dapat memvisualisasikan komentar dan harapannya dalam media gambar tentang 8 isu MDGs. Pada 2 hari pelaksanaan, juga dikumpulkan tanda tangan dukungan pencapaian MDGs, dan aksi bangkit saat menyatakan “Stand Up” dalam pencapaian MDGs.

Pada kegiatan ini terkumpul 640 testimonial dari anak-anak, 200 tanda tangan dan 65 gambar dukungan pencapaian MDGs. “Kampanye stand up and take action adalah momentum global yang penting, dimana jumlah massa terbesar dari seluruh dunia akan terbentuk sebagai wujud pernyataan , dukungan dan perbuatan konkrit global terhadap penanggulangan kemiskinan dan pencapaian MDG. Anak-anak perlu tahu dan juga ikut terlibat dalam usaha pencapaian MDGs”, ujar M. Iman Usman (Ketua KAKI), yang baru saja menerima Penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2008.

KAKI sebagai suatu komunitas anak yang kritis terhadap isu-isu global, khusunya yang menyangkut pelaksanaan hak anak, sebelumnya juga sudah mengadakan beberapa kegiatan dalam usaha sosialisasi dan  pencapaian MDGs. Diantaranya, MDGs Courses, Project Collaborative bersama Portugal, dll.

Entry filed under: Project. Tags: .

Tugas 1 – KAKI’s APPRENTICE

1 Komentar Add your own

  • 1. maximuscruz555@gmail.com  |  Juni 10, 2009 pukul 3:39 pm

    Berantas Korupsi disegala lini, mulailah dari hal kecil, berantas kebodohan dan perangi kemiskinan, semoga tindakan ini sebagai titik awal kemajuan bangsa.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: